Apa itu Email ?

Email atau disebut elektronik mail, atau surat elektronis adalah surat dengan format digital dan dikirimkan melalui jaringan internet dan server.

Apa itu Email Domain ?

Email domain merupakan sebuah alamat email yang berekstensi nama domain. Contoh yang termasuk alamat email domain seperti: [email protected]. Admin adalah nama akun email yang kamu gunakan sedangkan jgj.my.id merupakan ekstensi dari domain. Selain itu, email domain sangat cocok sebagai branding dan membangun kepercayaan antar pelanggan, pas untuk kamu yang ingin mencoba menawarkan produk ke calon pelanggan.

Pada tutorial kali ini, kita akan membuat akun email dan ujicoba melakukan kirim dan terima email ke Gmail dan sebaliknya. Pastikan kamu sudah memiliki hosting dan domain, jika belum silahkan order disini.

  1. Login ke cPanel masing-masing atau bisa melalui member area, kemudian menuju tab Email -> Email Accounts

2. Kemudian, klik tombol + Create untuk membuat akun email baru

3. Isi data login email termasuk domain, username, dan password. Simpan data login baik-baik sebagai syarat untuk login ke email

4. Masih pada tab Email Accounts, langkah berikutnya kita akan membuka mailbox akun [email protected] klik Check Email

5. Settingan default mailbox adalah Roundcube, namun tersedia Horde sebagai opsional. Tekan Open untuk membuka mailbox

6. Berikut adalah tampilan email ketika email berhasil dibuat, terdapat welcome message yang berisi data login untuk POP3/IMAP

7. Ujicoba mengirim email ke Gmail

8. Cek email pada spam dan inbox, karena apabila email baru dibuat biasanya pesan akan dianggap spam

9. Email telah diterima, selanjutnya kita coba untuk membalas email tersebut

10. Tampilan balasan email dari Gmail

Kesimpulan

Saat ini kamu telah berhasil membuat email dan mengirim atau membalas email dari kedua belah pihak. Gunakan email dengan bijak dan kirimkan pesan yang menurut kamu penting, selain itu menggunakan email akan terlihat professional dan menambah kepercayaan pelanggan dan juga sebagai ajang promosi yang cocok untuk individu maupun golongan.