Apa itu Log ?

Log adalah catatan yang merekam segala aktifitas suatu aplikasi yang sedang dijalankan. Terkadang, Log juga digunakan untuk menganalisa status aplikasi. Kali ini kita akan mencoba menganalisa error log website pada cPanel.

1. Login ke cPanel melalui domain atau member area billing.hostingssd.id. Kemudian, klik Metrics -> Errors dan segala error pada website akan terlihat disini. Silahkan baca dan analisa log error yang muncul pada website kamu.

2. Selain cara diatas, kamu bisa cek log_error melalui Files -> File Manager kemudian arahkan ke public_html dan lihat file error_log. Segala sesuatu error pada website akan tersimpan dan tercatat pada file tersebut. Silahkan scroll pada bagian paling bawah untuk melihat error log terbaru.

3. Jika kita telisik error tersebut mengacu pada db.php baris 1753, kemudian kami cek ternyata memang benar saja nama database dan user database salah. Berikut website sudah bisa diakses dan lancar kembali.

Kesimpulan

Kali ini kamu sudah bisa menganalisa jika terjadi error pada website kamu, ini merupakan langkah awal dan investigasi error utama jika mengalami galat seperti diatas. Semoga 2 cara melihat error log diatas dapat membantu jika mengalami kendala.