Halo para programmer dan developer maupun kamu yang baru belajar seputar programming dan web desain, bagi kebanyakan orang yang sudah terjun pasti sudah sering mendengar kata-kata subdomain, addon domain, file manager, email, dsb…, Taukah kamu jika itu semua tersedia di cPanel ? Lalu, cPanel itu sendiri apa ?

Pengertian cPanel Web Hosting


Setelah kamu mempelajari sedikit banyak di dunia pemrogaman dan sebelum ingin melangkah lebih jauh lagi, kamu harus mengetahui cPanel. cPanel adalah sebuah kontrol panel pada end user yang dibangun diatas Linux, fungsinya adalah untuk mengatur dan memanajemen isi file website maupun email sesuai kebutuhan. cPanel merupakan kontrol panel yang paling sering disebut-sebut sebagai kontrol panel yang mudah digunakan dan cukup banyak komunitasnya yang aktif jika ada permasalahan seputar kontrol panel cPanel. Namun, terlepas dengan kepopuleran cPanel tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan cPanel


-Banyak komunitas pengguna cPanel
-Support official mudah ditemukan di forum
-Telah lulus beberapa uji coba
-Tutorial dan panduan sangat banyak
-Banyak bahasa pemrogaman yang kompatibel

Kekurangan cPanel


-Jika fitur yang ada di cPanel diaktifkan akan memakan banyak resource di server yang mengakibatkan load time menjadi lambat
-Lisensi mahal
-Terkadang settingan berubah tanpa di utak atik

Kesimpulan


cPanel merupakan kontrol panel yang populer dan paling banyak digunakan oleh mayoritas programmer untuk mengatur file website, meskipun cpanel tergolong kontrol panel yang mahal tidak menutup kemungkinan ada alternatif lainnya. Sebaiknya tentukan kebutuhan website sebelum memutuskan untuk menggunakan cPanel. Ada banyak penyedia layanan web hosting yang menawarkan harga bervariasi, namun Hostingssd menawarkan harga murah beli hosting gratis domain.