Apa saja sih istilah umum yang ada di dunia web hosting, dan apa saja artinya. Yuk simak istilah umum secara singkat berikut ini:

1. Entry Process

Entry Process adalah sebuah indikator untuk menunjukkan berapa jumlah script website yang berjalan dalam satu waktu. Setiap layanan hosting memiliki Entry Process yang berbeda, di hostingssd.id Entry Process terdapat 100 pada Paket cPanel.100 Entry Process umumnya bisa digunakan untuk diakses 100-300 pengunjung dalam satu waktu. Jika Entry Process mencapai jumlah limit, maka akan terjadi Error seperti website lemot dan tidak bisa di akses. Solusinya adalah menunggu hingga pengunjung menyelesaikan queue loading website.

2. Inodes

Inodes adalah struktur data yang digunakan untuk menyimpan dan membatasi semua file pada akun hosting. Inodes bisa juga berisi folder, file, audio visual, gambar, dan apa saja yang kamu unggah pada web hosting. Sebagai contoh, jika dalam satu folder terdapat 100 gambar dan 10 script website, maka jumlah inodes yang terhitung adalah 111 inodes.

3. Data Center

Data Center adalah fasilitas atau gedung yang didalamnya terdiri dari berbagai server, seperti database server, web server, mail server, bahkan server game. Data Center digunakan untuk menyimpan semua file website kamu juga loh…

4. IP Address

IP Address adalah sekumpulan nomor internet unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat komputer di internet agar dapat saling berkomunikasi. IP Address bisa diibaratkan sebagai nomor telepon.

5. Bandwidth

Bandwidth secara singkat adalah besarnya volume data keluar masuk setiap bulan, atau simpelnya adalah seperti cara kerja Kuota Internet Selular, apabila kamu membeli paket data 1GB dalam sebulan dan telah mencapai batas limit 1GB maka yang terjadi adalah kamu tidak dapat mengakses internet, begitu pula sebaliknya dengan Hosting berlaku ketentuan bandwidth. Namun, umumnya penyedia hosting memberikan Unmetered/Unlimited Bandwidth.

6. Disk Space

Disk Space adalah kapasitas atau ruang penyimpanan yang disediakan oleh provider, nah.. dalam hal inilah kamu harus menyesuaikan jumlah penggunaan dan total isi website kamu. Oh ya hostingssd.id juga menyediakan dua pilihan jenis hosting, Unlimited dan Non Unlimited. Harga terjangkau mulai dari 7rb/bln sudah gratis domain loh…

7. RAM

RAM atau Random Access Memory adalah tempat penyimpanan sementara pada web hosting untuk menghandle sebuah proses secara bersamaan. Semakin besar RAM sebuah paket hosting, maka idealnya semakin cepat di akses dan mengurangi lemot karena interval respon server dan client.

8. CPU

CPU atau Central Processing Unit adalah unit hardware yang bertanggung jawab dalam memproses semua data yang keluar masuk, input output sebuah program kamu di proses oleh CPU.

9. Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan file berupa text, gambar, audio visual, maupun baris-baris kode kamu untuk diakses oleh para pengunjung di internet yang mengunjungi websitemu.

10. Shared Hosting

Pengertian shared hosting sama saja dengan hosting, namun shared hosting lebih mengarah kepada jenis paket yang disediakan oleh provider hosting. Yang menjadi dasar untuk mengetahui shared hosting yaitu, dalam sebuah server digunakan untuk menghosting website orang lain dan saling berbagi sumber daya seperti RAM, CPU, Processor, dsb.

11. Dedicated Hosting

Jenis dedicated tentu berbeda dengan Shared Hosting, jika pada Shared Hosting dalam satu server digunakan oleh banyak pengguna yang saling berbagi sumber daya, kali ini pada Dedicated Hosting semua sumber daya pada seluruh server digunakan oleh pemilik dedicated hosting dan tidak akan mempengaruhi pengguna lainnya.

12. VPS

VPS atau Virtual Private Server adalah layanan yang bersifat pribadi/privat dimana sumber daya digunakan oleh pribadi dan tidak menganggu sumber daya pengguna lainnya. Terdapat dua jenis layanan VPS, yaitu Unmanaged VPS dan Managed VPS. Unmanaged VPS biasanya dikelola oleh pemilik atau penyewa VPS, maka VPS Managed sebaliknya yaitu dikelola oleh Provider atau penyedia layanan. Lagian, kalo vps biasanya di setup sendiri sih hehe….

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak istilah dalam web hosting yang ada, namun diatas adalah beberapa contoh yang seringkali kita temui pada sebuah layanan web hosting.