Taukah kamu, apa itu Web Hosting? Web hosting adalah sebuah perangkat komputer yang tersambung dengan layanan internet dan berfungsi untuk menyimpan data-data website agar nantinya bisa diakses oleh semua orang di belahan bumi kapan saja.

Jika kamu sudah menyelesaikan proses developing website dan memastikan code tidak ada error ketika testing di localhost, maka langkah selanjutnya yang harus diperlukan agar website kamu bisa diakses oleh semua orang dari mana saja dan kapan saja. Untuk bisa digunakan, kamu harus mendeploy atau menghostingkan kodemu agar bisa dijalankan dan diakses.

Hosting secara gamblang adalah sebuah rumah yang berisi perabotan, dan perlengkapan lainnya, nah… perabotan dan perlengkapan rumah adalah baris kode website kamu.

Kamu juga bisa mengatur database, aplikasi, bisa dengan auto installer seperti softaculous sesuai kebutuhan. Bahkan, kamu juga bisa membuat website tanpa perlu banyak keahlian dalam coding. Kamu cukup install aja tuh WordPress. hehe…

Eiitss… Hosting saja tidak cukup, kamu harus memerlukan sebuah domain. Domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasikan nama server komputer web, dalam hal ini domain kamu mengarah pada website.

Domain bisa diibaratkan sebuah nama alamat rumah, dan hosting adalah rumah.