CloudLinux adalah salah satu sistem operasi yang paling populer digunakan oleh penyedia layanan web hosting karena berbagai fitur dan manfaat yang sangat banyak.

Apa itu CloudLinux ?

CloudLinux dikembangkan dan dibuat oleh Igor Seletskiy yang ditujukan khusus untuk keperluan web hosting dan server. CloudLinux memiliki tiga jenis lisensi yaitu CloudLinux OS SOLO, CloudLinux OS SHARED, dan CloudLinux OS SHARED PRO.

Berdasarkan informasi dari dokumentasi resmi, CloudLinux dirancang untuk penyedia shared hosting. Secara umum cara kerja CloudLinux melakukan isolasi pada setiap pelanggan ke dalam “Lightweight Virtualized Environment” (LVE) yang terpisah, kemudian mengalokasikan dan membatasi sumber daya server, seperti RAM, CPU, dan jumlah koneksi. CloudLinux memastikan para pelanggan hosting agar tidak dapat membahayakan keamanan dan performa server, dan mencegah semua situs melambat atau bahkan hingga down tidak dapat diakses. CloudLinux juga membatasi website satu dengan website lainnya di dalam server untuk menghindari pelanggaran keamanan. Dengan cara ini, skrip atau malware yang tidak stabil tidak dapat menyebar ke seluruh server, dan tidak menyebabkan kerusakan script dan pelanggan lainnya.

Apa saja fitur CloudLinux ?

CloudLinux memiliki 10 komponen utama yaitu:

  1. LVE Manager
  2. CageFS
  3. MySQL Governor
  4. PHP Selector
  5. Ruby Selector
  6. Python Selector
  7. Node.js Selector
  8. Apache mod_lsapi PRO
  9. Reseller Limits
  10. LVE-stats 2

Kesimpulan

CloudLinux adalah OS handal yang dirancang untuk para hoster terutama penydia layanan web hosting. Pada artikel berikut ini kamu sudah dapat menjelaskan pengertian dan fungsi CloudLinux.