Buat kalian para developer atau kamu yang baru terjun ke dunia website pasti tidak asing dengan istilah CMS, taukah kamu apa itu CMS? CMS adalah Content Management System yang memudahkan seseorang untuk mengedit, menambahkan, membuat ataupun menampilkan isi website tanpa perlu keahlian koding yang cukup mumpuni.

Mengapa tidak membutuhkan kemampuan koding? Karena CMS sudah seperti alat atau software aplikasi yang sangat mudah untuk mengembangkan konten ataupun desain dalam blog.
CMS bisa digunakan oleh siapapun, baik perusahaan besar ataupun seorang developer yang ingin membuat blog atau portofolio, CMS sudah sering digunakan lebih dari setengah situs web yang tersedia di internet saat ini dan terus bertambah seiring waktu.

Mengenal lebih dekat dengan CMS
CMS atau Content Management System yang populer atau sering digunakan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. WordPress

WordPress adalah pilihan nomor satu untuk platform CMS terbaik. Ini adalah perangkat lunak CMS paling populer di dunia, dan mendukung sekitar 52% dari semua situs web di internet.
Untuk tidak membingungkan WordPress.org dengan WordPress.com. WordPress.org adalah CMS open source gratis yang awalnya dirancang untuk blogging, tetapi sekarang digunakan oleh semua jenis situs web / toko online.

2. Joomla

Joomla adalah platform CMS open source gratis populer lainnya yang hadir dengan banyak template dan ekstensi berbeda. Pertama kali dirilis pada tahun 2005, jadi seperti WordPress yang sudah berjalan selama bertahun-tahun. Joomla dikemas dengan fitur, dan banyak web hosting menawarkan instalasi 1 klik. Namun, Joomla platform CMS yang ideal untuk pengembang dan pembuat situs web berpengalaman, Joomla bukan pilihan yang baik untuk pemula.

3. Drupal

Drupal adalah platform CMS open source lainnya. Drupal menjadi pilihan yang baik untuk pengembang, atau untuk orang yang dapat menyewa pengembang. Ini sangat bagus jika kamu bertujuan untuk membangun situs yang menangani banyak data.

4. Ghost

Ghost adalah platform CMS yang dirancang khusus untuk blogger. Ghost digambarkan sebagai “CMS tanpa kepala”, yang mungkin terdengar sangat aneh. Ini hanya berarti bahwa platform CMS tidak memaksa konten untuk dikirimkan dengan cara tertentu.
Jadi, konten atau data yang kamu hasilkan dapat ditampilkan di situs web, tetapi juga dapat dikirim ke aplikasi seluler atau yang lainnya sama sekali. Namun, jika kamu bukan seorang pengembang, atau kamu hanya ingin menggunakan Ghost untuk blogging, kamu tidak perlu khawatir tentang hal ini.

Kesimpulan

Jika kamu ingin menggunakan CMS yang mudah digunakan dan banyak komunitas support atau bantuan jika mengalami error, maka WordPress dapat menjadi pilihan utamamu. Segera daftarkan domain dan hostingmu hanya di Hostingssd.